SEKRETARIS DESA


Nama Pejabat
: HERU FAHRUDIN
Sekretaris Desa bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang administrasi Pemerintahan Desa: Untuk melaksanakan tugas sebagaimana yang dimaksud, Sekretaris Desa mempunyai fungsi: a. mengkoordinasikan pelaksanaan fungsi urusan ketatausahaan, meliputi: 1. tata naskah; 2. administrasi surat menyurat; 3. arsip; 4. ekspedisi; 5. pengundangan Peraturan Desa dalam Lembaran Desa; dan 6. pengundangan Peraturan Kepala Desa serta Peraturan Bersama Kepala Desa dalam Berita Desa. b. mengkoordinasikan pelaksanaan fungsi urusan umum, meliputi: 1. penataan administrasi perangkat Desa; 2. penyediaan prasarana perangkat Desa dan kantor; 3. penyiapan rapat dan musyawarah Desa; 4. pengadministrasian dan inventarisasi aset; 5. perjalanan dinas; 6. melakukan urusan rumah tangga Desa; dan 7. pelayanan umum. c. mengkoordinasikan pelaksanaan fungsi urusan keuangan, meliputi: 1. pengurusan administrasi keuangan; 2. administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran; 3. verifikasi administrasi keuangan; 4. administrasi penghasilan tetap, tunjangan dan penghasilan lainnya yang sah bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa; 5. administrasi tunjangan dan Operasional BPD; d. mengkoordinasikan pelaksanaan fungsi urusan perencanaan, meliputi: 1. menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menegah Desa; 2. menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa; 3. menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa; 4. menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan; 5. melakukan monitoring dan evaluasi program; e. menyusun rancangan laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran, rancangan laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa akhir masa jabatan Kepala Desa, rancangan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa setiap akhir tahun anggaran, rancangan Informasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa secara tertulis kepada masyarakat Desa setiap akhir tahun anggaran.